"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 08 November 2010

Natal Bona Pasogit Tahun 2010

25 s/d 30 Desember 2010 di Tarutung



Latar Belakang

ARGA DO BONA NI PINASA”, merupakan motto Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, yang mempunyai arti kecintaan/kesetiaan terhadap tanah pusaka yang diwariskan turun-temurun oleh nenek moyang.
Motto tersebut merupakan gambaran dari keadaan, sifat, watak, kehendak, tujuan dan tatanan hidup serta kehidupan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara.
Berangkat dari motto tersebut dan memahami filosofi etnis Batak Toba, khususnya yang berada di parserahan (perantauan), maka kecintaan terhadap tanah pusaka nenek moyangnya sangatlah mendalam, tentunya menjadi suatu gerak jiwa dalam bentuk kerinduan mendalam untuk datang berkunjung ke tanah leluhur.
Pada saat penghujung tahun, khususnya pada suasana Natal dan Tahun Baru, berkunjung ke tanah leluhur (pulang kampung) untuk bertemu dengan sanak keluarga menjadi sebuah tradisi yang sangat kuat.
Untuk merespon tradisi tersebut Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengemas sebuah event Natal yang disebut Natal Bona Pasogit (tanah leluhur) pada tanggal 25 s/d 30 Desember 2010 di Tarutung . Event tersebut diisi dengan berbagai kegiatan Natal seperti Kebaktian Natal, Lomba Cipta Lagu Natal, Festival Lagu-lagu Natal, Pameran Natal, Carnaval Natal, dan lain-lain.
Selain itu, Tarutung (ibukota Kabupaten Tapanuli Utara) sebagai awal penyebaran agama Kristen di Tanah Batak wajarlah apabila kota ini dapat menyajikan event Natal yang akan menjadi daya tarik wisata rohani, sehingga para pengunjung semakin banyak datang ke Tapanuli Utara khususnya pada suasana Natal dan Tahun Baru.

Tujuan

Tradisi pulang kampung ke Bona Pasogit pada setiap akhir tahun, bertepatan dengan masa natal dan mendekati tahun baru, menjadi suatu momen untuk :
1.       Semakin meningkatkan rasa cinta ke tanah pusaka bona pasogit;
2.       Membangun/mempererat hubungan silaturahmi (tali-kasih persaudaraan), antara para perantau dengan warga Bona Pasogit;
3.       Mewujudkan Tarutung sebagai Kota Wisata Rohani, dimana Tarutung sebagai awal persebaran agama Kristen di Tanah Batak oleh Misionaris DR. IL. Nomensen;
4.       Menumbuhkembangkan potensi wisata rohani yang dapat dikembangkan menjadi salah satu pendukung Destinasi Wisata di Indonesia;
5.       Mendukung pengembangan Industri Pariwisata menjadi salah satu sektor yang memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan masyarakat.

Kegiatan :

1.       Kerohanian  :  Kebaktian Natal
2.       Perlombaan  :
a.       Lomba Cipta Lagu Natal
b.       Lomba Vocal Group
c.       Lomba Vocal Solo
d.       Lomba Paduan Suara :
1)       Kaum Bapak (Koor Ama),
2)       Kaum Ibu (Koor Ina),
3)       Kaum Muda- Mudi (Koor Naposo Bulung) :dan
4)       Kaum Sekolah Minggu (Anak Sikkola Minggu)
3.       Partisipatif  :
a.       Pameran, 
b.       Carnaval (Kendaraan Hias bernuansa Natal dan Tahun Baru), dan
c.       Pawai Massal
4.       Hiburan :
a.       Operette Natal,
b.       Sinterklas,
c.       Atraksi Meriam Bambu
5.       Wisata : Perjalanan Wisata Rohani, Wisata Alam, Wisata Agro

Pedoman, naskah lagu dll dapat diunduh dari www.taputkab.go.id.
Pendaftaran melalui email : natal_bonpas@yahoo.co.id

Pariwisata Tapanuli Utara



Kabupaten Tapanuli Utara memiliki potensi alam, budaya, sejarah yang menjadi daya tarik wisata, keindahan alam tersebut didalamnya terdapat panorama Danau Toba dan disukung oleh tradisi masyarakat dengan adat Dalihan Natolu, kerajinan tangan, serta Kota Tarutung sebagai awal penyebaran agama Kristen di Tanah Batak dan menjadikan Kabupaten tapanuli Utara sebagai salah satu tujuan wisata penting di Sumatera Utara.
Salib Kasih sebagai Ikon Pariwisata KabupatenTapanuli Utara berdiri megah di Bukit Siatas Barita, sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya pada hari-hari besar Agama Kristen.
Kota Tarutung sebagai Ibukota KabupatenTapanuli Utara berada pada perjalanan wisata Medan-Pematang Siantar – Parapat – Balige – Tarutung – Sibolga/Padang menjadikan daerah ini mudah dijangkau oleh wisatawan melalui jalur darat ataupun jalur udara (Bandara Silangit). Tidak jauh dari Kota Tarutung terdapat berbagai objek wisata penting seperti Salib Kasih, Air Soda di Saitnihuta, Air panas Sipoholon, Panorama Alam Danau Toba di Hutaginjang, Kantor Pusat HKBP dan lain-lain.




Sekretariat Panitia 
cq. Bag. Kesra Setdakab Tapanuli Utara
Jl. Letjend Suprapto No. 1 Tarutung, 22411
email : natal_bonpas@yahoo.co.id

Contak Panitia : 

1. Heber Tambunan, HP. 081362321862
2. Maju Tampubolon, HP. 08126371783
3. Giotto Sormin, HP. 081370805079 

1 komentar:

suryabakti mengatakan...

bona pasogit, emang benar2 indah!!